Misteri Lubang Hitam di Luar Angkasa

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/cd/Black_Hole_Milkyway.jpg/329px-Black_Hole_Milkyway.jpg

MISTERI lubang hitam yang bertebaran di angkasa lepas dikatakan menyamai konsep kejadian aneh yang terjadi di Segitiga Bermuda, apabila kapal atau kapal terbang yang melintasi kawasan perairan itu raib secara tiba-tiba.

Bagaimanapun, lubang hitam seumpama lubang gergasi, ukurannya lebih luas daripada matahari serta langit di angkasa menyedot apa saja yang mendekatinya termasuk planet. Malah kekuatan tarikannya menyebabkan cahaya yang tidak memilik kekuatan juga tidak mampu melepaskan diri.

Misteri yang menyelubungi kejadian lubang hitam itu bagaimanapun hanya mampu dikaji dari jauh lantaran kemampuan sains dan teknologi manusia nyata masih belum mampu membawa mereka menghampiri lubang itu.

Menggunakan teleskop dan pengamatan terhadap bintang yang disesuaikan pula dengan berbagai hukum fisik yang berada sekitar bumi, berbagai teori dikemukakan bagi mengisi kekosongan pada ruangan jawaban yang dicetuskan misteri alam itu.

Teori ini dipakai ahli astronomi adalah teori yang sama digunakan alat penyedot gas hampa – kekuatan lubang hitam terjadi berikutan tarikan gravitasi dalam lubang itu adalah kuat berbanding dengan tarikan sekelilingnya. Justru, apa saja yang menghampirinya akan disedot.

Bagaimanapun, kekuatan gravitasinya ‘luar biasa’ dan amat dahsyat. Dikatakan jika kekuatan gravitasi itu wujud di bumi, ia akan menjadikan ukuran  planet ini menjadi sekecil bola yang berjejari sekitar satu sentimeter.

Teori lobang hitam sebenarnya dikemukakan lebih 200 tahun lalu. Pada 1783, ilmuwan Barat, John Mitchell mencetuskan teori mengenai kemungkinan wujudnya lubang hitam selepas beliau meneliti teori graviti Isaac Newton.

Beliau berpendapat jika objek yang dilemparkan tegak lurus ke atas akan terlepas dari pengaruh gravitasi bumi selepas mencapai kejahuan lebih 11 kilometer perdetik, maka tentu ada planet atau bintang lain yang memiliki gravitasi lebih besar daripada bumi.

Bagaimanapun, perkataan ‘lubang hitam’ pertama kali digunakan ahli fisika Amerika Syarikat, John Archibald Wheeler pada 1968. Wheeler memberi nama tersebut  karena lubang hitam tidak dapat dilihat, cahaya turut ditarik ke dalamnya sehingga kawasan sekitarnya menjadi gelap.

Menurut teori evolusi bintang, asal lubang hitam adalah sejenis bintang biru yang memiliki suhu permukaan melebihi 25,000 darajat Celcius. Ketika pembakaran hidrogen di bintang biru yang memakan waktu kira-kira 10 juta tahun selesai, ia menjadi bintang biru raksasa.

Kemudian, bintang itu menjadi dingin dan bertukar kepada bintang merah raksasa. Dalam fase itulah, akibat tarikan gravitasinya sendiri, bintang merah raksasa mengalami ledakan dahsyat atau disebut Supernova dan menghasilkan dua jenis bintang iaitu bintang Netron dan lubang hitam.

Pengamatan dari teleskop sinar-X ruang angkasa selama lebih dari satu dekade, menunjukkan kekuatan tarikan gravitasi lubang itu menyebabkan ada bintang yang hancur dan ditelan olehnya.

Sebelum ini, ahli astronomi sudah melihat bagaimana lubang hitam menyedot gas yang berterbangan di sekitarnya. Gas yang disedot itu menjadi panas sehingga memancarkan radiasi dalam berbagai panjang gelombang, mulai daripada gelombang radio hingga gelombang cahaya tampak dan sinar-X.

Berdasarkan pengamatan, ahli astronomi dari Max Planck Institute for Extraterrestrial Physics, Jerman, pernah melihat sebuah bintang yang mendekati lubang hitam raksasa akhirnya lhilang ditelan lubang itu.

Lubang hitam raksasa yang dilihat itu berada di pusat galaksi RX J1242-11 yang jaraknya dianggarkan 700 juta tahun cahaya dari bumi. Bintang yang disedut lubang hitam itu pula memiliki ukuran sebesar matahari sistem tata surya kita.

Bintang itu hancur sedikit demi sedikit dan disedot ke dalam lubang itu selama beberapa hari. Pada peringkat awalnya, bintang itu kehilangan gas yang berada di sekelilingnya.

Selepas itu, bintang itu menjadi panas hingga jutaan darajat Celcius dan hilang ditelan lubang hitam. Dalam proses itu, ia melepaskan tenaga yang kuat iaitu setara dengan tenaga yang dihasilkan pada ledakan Supernova.

Ahli astronomi mengesan kedudukan lubang hitam dengan memperhatikan cahaya di sekitar bintang ataupun gas di angkasa. Apabila di suatu tempat itu tidak ditemui cahaya tetapi di sekitarnya terdapat banyak objek angkasa menuju ke satu titik dengan kecepatan tinggi sebelum hilang, maka titik tersebut ditandakan sebagai lubang hitam.

Terdapat banyak lubang hitam di seluruh semesta malah ada teori yang mengatakan di galaksi Bima Sakti ini juga terdapat sebuah lubang hitam. Justru timbul persoalan sama, apakah  matahari dan planet yang mengelilinginya termasuk bumi akan disedut lubang hitam itu?

Ahli astronomi memberikan jawaban, ‘tidak’ karena berbanding galaksi lain, lubang hitam di Bima Sakti dikatakan dalam keadaan tenang disebabkan sedikit saja objek sekitar yang disedotnya.

Misteri yang menyelubungi lubang hitam akan terus menarik minat ahli astronomi sehingga  satu jawaban yang benar diperoleh. Selagi manusia belum mampu menjelajah jauh ke luar angkasa, saat itu pula jawapbn itu gagal diperoleh dan berbagai teori tanpa bukti akan terus dikemukakan bagi ‘menyelesaikan’ misteri alam itu.

Fakta: Lubang Hitam
Dikenal sebagai ‘bintang hitam’ dan ‘singularitas’.
Ditemukan  pada 1783 oleh John Mitchell.
Luasnya melebihi ukuran matahari.
Menyedot apa saja di sekelilingnya termasuk bintang dan cahaya.
Teori sedotan akibat tarikan gravitasi di lubang hitam lebih kuat dari kawasan sekitarnya.
Teori menyatakan ia terjadi  akibat letusan Supernova bintang merah raksasa.

434 Komentar »

  1. jowan Said:

    hmm…gw pengin liat langsung sob..

    • andi Said:

      sobat,,,klu kta mau lihat lobang hitam.kita harus mati dulu…….

      • rezky Said:

        yukz lihat yuzk… tpi siap ynggung akbatnya

      • dedek Said:

        iia .. ittu emng haruuss qt mati dlu .. mbok”an kita k nereaka .. ahihihi

      • nida Said:

        mati ja sendiri

      • nggak harus coba liat segi3 bermuda itu sama seperti Black hole menarik semua benda nahh…klo mau tau lbih lanjut nonton tu National Geograpich Channel

      • M agustian syah putra Said:

        kok harus mati dulu . cobak kitabisa nggkk kesana kalau bisa kita masuk aja ke dalam lubang hitam itu mana tau itu mungkin menghubungkan ke dunia lain mungkin

      • iwan Said:

        enak aja….
        blm tentu kita Mati bisa liat Lubang Hitam…
        klo g bsa ngeliat jadi tekor, sdh mati bengong lgi

      • indah Said:

        masa iya harus mati dulu yg bnr ajj

      • farid Said:

        emng knpa klo mati, smua orang psti akn mati jd tnggal qta’y yg mau mati dngan cara apa

    • ozi Said:

      pembohongan publik besar2 an tuh…dalam alquran g da di terangkan ada lubang hitam….

      • zazakeeya Said:

        mungkin dalam Al-Qur’an memank tidak disebutkan secara terang terangan tentang yang ada di jagad raya ini. namun kita tetap diwajibkan untuk slalu menuntut ilmu, belajar dan belajar…..,
        ingat bahwa bahasa dalam Al-Qur’an itu begitu indah dan tersirat maknanya, jadi belum tentu ilmu kita bisa memahaminya :)

      • iwan Said:

        susah jga, Ya…
        ngejelasin dng yang krng mkn sekolah tinggi, tdk bakal ngerti2..
        kaya baca Qur’annya dah Pol saja, pelajari yg Pol bru ngerti terutama Tafsirnya hurup demi hurup jangan lembar per lembar g nyambung, dong….

      • bababibi Said:

        goblok nih orang ketauan banget klo gk sekolah, lu hidup di pesantren ya? taunya alqur’an doang semua diukur sama alqur’an… bangun wooiii udah siang jgn ngorok mulu

      • ayz Said:

        bro cba kmu tanya ma tman kamu yg b’agama kristen advent,pasti kmu akn mngerti tentang lubang hitam..dan itu bukan suatu pembohongan besar2ran
        thankz,itu saran saya

      • verdo Said:

        asalamualaikum wr,wb
        taqobballahu minna wa minkum wa ja’alana minal aidin wal faizin B|

      • Anonime Said:

        treath d atas sdh jelas teori dan faktanya ..nah loe bilang boong th atas dasar apa ..loe punya teori dan fakta apa untuk nyangkal..semua yg ada dan g ada d dunia ini ..masa lalu smpai masa datang d kemas secara ringkas d Al-Quran,..pengertian manusia tentang Al-Quran jgn d samakan dengan pengertian Allah SWT yang membuat Al-Quran..musrik th

    • rahmat Said:

      pegy z sna u ke langit

    • ikhsan Said:

      lewat lucid dream aja, jadi kita bisa kendalikan mimpi, tapi bukan mimpi biasa, tapi mimpi seperti nyata. pasti kalau terbang, bisa sampai ke black hole

    • wardah Said:

      iya… belom sempet liat udah kesedot duluan… ha.ha.ha

      • M agustian syah putra Said:

        belom tentu kalau tidak di coba . iyasi walaupun aku nggk bernai k sena tapi ingin ke sana. kalau nggk kita taruk kamera atau alat perekam lainya dan perekam suara lalu kita ikat pakai tali kamera itu, ntah tersedot duluan ntah nggk . mudah mudahan ada orang yg ingin masuk k dalaam sana yg berani dan tidak takut mati

      • gwa mw tuhmati disana

      • Ridwan jak-sel pndk labu andara Said:

        ahaha lucu

    • irmi Said:

      da gak dijelaskan dlam al-quran tentang lubang hitam?

    • ia dong saya juga mau lihat toh………………………

    • prabu m sahar Said:

      smoga gw msk surga nanti
      klw ketmu Allah SWT mw gw tanyain hal hal yg blm terpecahkn di dunia ni

      • Agung Rianto Said:

        tar kasih tau aq ya apa jawabanya,, wkwkwkw

    • farid Said:

      klo sya bisa k’sana, sya akn mncoba msuk kdlam lubang hitam trsbut walaupun sya tau klo sya ga bkal bsa kmbali tp cukup untuk bsa mengtahui tntng rahasia dr lubang hitam ..

  2. ucuf Said:

    liatnya…lo harus punya alat sendiri

    • Annisa Said:

      . mank klo mw bli dmn ???

      • daslim Said:

        di gombong

      • Mikio Sang Reggaemania Said:

        di warung kopi, santai sejenak sambil nyedot dji sam soe.hahaha

  3. mela Said:

    gue jadi pengen liat’ kayak apa yaaa klu kita masuk ke dalamnya?

    • ruben Said:

      katanYA kita bIsa MeNeMBUs WAKTu YANG hiLANg..

      • nida Said:

        macak sihhhhhhhhhhhhh

      • billy Said:

        oi nida anu lu kyk black hole tau

    • naufal k Said:

      kl msk ke lbg htm jd sprt cacing ke pnsn!!!!!

      • dian Said:

        bukan kalo menurut buku yg aku baca kita akan pipih seperti kertas ato di bawa ke masa lalu

      • Della Said:

        wahh.., gk bz d byangin tuhh

      • dewi Said:

        kalo bumi yg dihisapnya.. ntar qt gmn..??
        ato bumi 2 sndri gmn 2 jdinya ntr..??

      • nida Said:

        kayak cacing d borbor tauuuuuuuuuuuuw

      • Agung Rianto Said:

        ya kalo cacing kepanasan`y masih hidup lo dah mati kasi,,

    • Anta Louhanz Said:

      kpan2,,,, ta ajakn kcna dechhh,,,,,hee

  4. dinna Said:

    hohoho…………… mw masuk ke lubang hitam………………… kayaknya ngayal bwanget deh

  5. Ghayuh Said:

    “Menurut saya Kalo masuk ya jadi kayak cacing!!!!!”

    • dederizwan Said:

      muka kamu ugha udd kya cacing

  6. kezenk Said:

    wah masak sih ada hal senacan itu janagan2 diboongin orang pinter lagi

    • mini Said:

      ityu gak boong sob..

      • germin young Said:

        hei all kita harus tau bahwa di dunia ini penuh dengan pertanyaan jadi misteri lubang hitam itu mungkin ada tapi menurut saya lubang hitam itu adalah suatu kejadian alam yang pernah ada dan kita tak bisa mengetahuinya secara detail

    • Anonime Said:

      kehidupan itu mengandung bnyk teka teki yg tidak semua bs di pecahkan oleh akal dan tekhnlogi manusia..

  7. susie Said:

    yappz……..?

    seru tapi menakut kan,,,
    kanyak dicerita doraemon y……….?
    hehehehehe……

    • sasa Said:

      hmmmmmmmmm

    • nida Said:

      Y betul bangt toh gue seneng banget baca komik doraemon.serubanget coba aja gue jd zizuka wah disenangi ma nobita n selau d ajak kemana2 ma doraemon lowwwwwwwwwww.

    • aora valintin Said:

      msih mnding di draemn lw nue bza mti dechhhh!!!!!!!!

  8. ucuf Said:

    masa takut
    sich?sama aku ga’ takutkan?

  9. BUNGA Said:

    WOW WOW WOW……….!!!!!!
    hebat bangetzzzzZZZ yaWWW
    JadI pingin liat nich

  10. anvie Said:

    hich,,,,,,atut,,,,apa’an tuh,,,, aneh buangetttttzzz aq pingin lihat dari deket,,,,,,
    klow mao keluar anGkASA aJak AQuwww yaW,,,,,,

    • nida Said:

      eh entar lo gosong lagieeeeeeeeeeeeeee

      • @ Nida: Oh.. Tidak bisa :( paling cuma Hancur berkeping keping :)

    • M agustian syah putra Said:

      bagaimana kita yg ingin melihat lubang hitam kita pergi aja rame2 minta biyayain aja sama pemerintah mana tau d kasih

  11. ranz Said:

    smua itu bohong……
    oO.. Oo..
    jgn prcya sblm ngeliat langsung !!!!!!!!!

    • heeyyy…..jan kaw macam2x sana arrrr ….
      sya tmpiling ko ni nnti …heyyy…..

  12. Darojatun Said:

    14 abad yang lalu Al-Qur’an sudah kasih tahu.. :)
    nanti kiamat, bintang-bintang berjatuhan…
    Nggak jatuh ke bumi, karena bintang lebih besar. tapi jatuh ke Lubang Hitam.
    Lubang hitam, ini sebenarnya bukan lubang.. sejenis benda langit juga, cuma dia sangat besar dan gravitasinya juga besar. Bintang-bintang di sekitarnya jatuh ke lubang hitam ini.

    • mini Said:

      good sob

      • AREEEZ TEO Said:

        waaauu sungguh bsaar keagungan tuhan YME.

    • elang Said:

      w setuju beud ma lu…..
      tu msuk akal bget

    • Arival Said:

      truz di lubang Hitam itu ada apa yah,..,.,.,

      • jurig Said:

        gw juga gak tau ada yang tau tidak apa yang ada didalam lubang hitam itu ???

      • @ Juriq: itu tidak ada isi nya hanya sisa ledakan supernova yg menjadi bintang kecil dan inti nya akan menarik kepingan itu sehingga terus berputar dan akan menarik apa saja yg ada di dkt nyaa ……. :)

    • Rama Said:

      Sop
      Aq ga prnh dngr dlm alquran tntang ada’a lubang hitam yang akan menghsap bintang2 bulan matahari pkk’a smua deh . . .
      Ayat brp n srt apat sop yg mnjalaskan tntang lobang htm tu
      Klau bs dngn hds’a ya sop

    • nida Said:

      waduh pintarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

      • hahahaha..aku pintar daras ..anaaa gulu-gulu haha …

    • rahmat Said:

      sok jg mu
      sok tau
      sebenarya lobang hitam tuch jg ciptaan allah
      dia d ciptakan tuk melenyapkan bumi nich.

  13. irfam Said:

    enak banget y… kalau bisa neliti bareng ilmuwan2 bareng mereka

  14. wandi Said:

    aneh baru tahu..
    “lubang hitam”
    masa iya sih??? nama kerennya apa yach??

    • alice Said:

      naMA kERenNYa bLaCk HoLe…………
      keMaNE Aje wkTu SMP……………………

      gWe aJK kSAna mo gAk………???
      kiTa nOnTon bAReng…………tAu AjA buMI baKAl ke iSEp……….
      sPy Qt gK neoUrvEOuS,………….he.he……..

      • haidir Said:

        nama kerenx, lubang meme’… meybe??
        kira2 nantinya bumi akan terhisap juga yagh, oleh lubang hitam??

    • Black Hole Cuy…

  15. zafin Said:

    Semua yg ada dilangit dan bumi adalah kepunyaan Alllah, sampe dimanapun manusia mempelajari, memahami dan melakukan penelitian dimuka bumi, hasilnya pun tetap sama ” Tidak pernah Merasa Puas”, kita hanya dituntut untuk: Mensyukuri, menikmati, dan mengucapkan Maha Besar engkau Ya Allah, itu kl menurut aq siyy, ngga tau dech kl yang laennya, Allah menciptakan sesuatu dimuka bumi atas kehendak-NYA.

  16. roman Said:

    lobang hitam. itu hayalan orang2 yg gk ad kerjaan. gk ada itu lobang hitam yg kedengarannya serem itu. mungkin di pantatnya lobang hitam itu sudah banyak rongsokan pesawat yg disedot. boleh tuch untuk dijual kemadura.

    • haidir Said:

      klw itu lubang pantit coi… hahahaha….

  17. Ini bener2 terjadi !!!

  18. WAHYU ARIEF KUSUMA Said:

    MENURUT SAYA LUBANG HITAM MENCARI SUMBER DAYA DENGAN MEMAKAN ENERGI LAIN DENGAN BEGINI IA AKAN TAMBAH KUAT. LUBANG HITAM INIMENCARI ENERGI YANG BESAR DAHULU LALU MENDEKATI DAN MEMAKANNYA

  19. Wahyu Said:

    MENURUT SAYA LUBANG HITAM ITU BELIM TENTU ADA TAPI.KELIHATANNYA ADA ENERGI GRAVITASI YG SANGAT TINGGI SEHINGGA DPT MENYEDOT SEMUA YG ADA DIDRKATNYA MUNGKIN JK LIBANG HITAM BERTABRAKAN DGN BENDA LAIN YG GRAVITNYA SAMA MAKA SLH SATUNYA AKAN HANCUR

  20. Rinie^_^ Said:

    mengerikan…..

  21. Muakhor Zakaria Said:

    Lubang hitam/black hole..ada sebuah tempat yang di sebut dengan pelanet yang mempunyai tempat atau dunia yang sama dengan kita..karna didalam tempat itu ada yang disebut dengan pelanet yang kita tidak ketahui…jangan anggap yang terhisap/yang termakan oleh lubang hitam itu meninggal tetapi mereka menemukan sesuatu yang belum mereka ketahui..dunia yang indah dan tempat yang bagaikan surga bagi orang -orang yang melihat tersebut.saya melihat bumi ada tiga bagian dunia jin,dunia makhluk tumbuhan dan hewan,dunia manusia,tempat tersebut berbeda tapi satu kesatuan.sama dengan lubang hitam memiliki dunia tersendiri yang belum kita ketahui..sekarang kita lihat mars yang para ahli katakan ada kehidupan didalamnya…memang benar karna mars ada kehidupan seperti kita..entah planet mana yang kita tidak ketahui ada kehidupan seperti kita..ini menurut filosofi saya maaf dan terimakasih

  22. ardy Said:

    kazak tempat cerobong bensin

  23. Andi96 Said:

    halo yoopo kabare rek

  24. abi Said:

    bagai mana kalau peneliti lubang hitam mengirim sebuah satelit yang ada kamerany untuk melihat isi dari lubang hitam

  25. LyzZnA". . . Said:

    wAhh. . .kLw akU siE pErcAyA ajA…c0z itu adaLaH kEbEsaRan yG ALLAH tuNjukKaN kEpaDa Qta…’n Qta haRuZ mEnsyUkUri kebesArAnNya…
    SubHanallaH. . .

    • haidir Said:

      benner tuh…!!
      mnrut aq jg geto.. intinya ttp prcy sm ALLAH SWT..

  26. rossa Said:

    sangat menakjubkan.

  27. riro Said:

    misteri bngtz,tapi apakah smua tu bnar????

  28. rosa Said:

    gila gilaan

  29. nindie Said:

    sngt hebat bngtz.tak bisa d byngkn!!!!

  30. wewewewew Said:

    menurttt sayaaa , saya ngga tau soalnya saya belum pernah kesana .
    emang bener yah ?

  31. Yulfi_melly Said:

    percaya siih percaya..tapi bwd para ahli Astronom tlong donk cari tau apa ada kehidupan di dlam lubang Hitam itu ??uddh gitu knapa para ahli astronomi gak masukin ngeluncurin kamera aja nd masukin kamera atu ke dlem lubang hitam byar qtta smwa tw app ajj isi dry lubang hitam itt..mkciih!!

    • Agha Anantya Said:

      ga akan bisa, untuk bisa mengirimkan kamera ke blackhole yg jaraknya ratusan juta cahaya dari bumi, dibutuhkan pesawat yg speednya melebihi kecepatan cahaya…. gimana cara ngirim kamera kesana?
      kedua, seandainya kita bisa mengirim kamera kesana, maka kamera ga akan bisa melihat apa2 alias “hitam” kenapa?? karena cara kerja kamera seperti mata manusia, melihat bentuk suatu objek 3d dengan mendeteksi pancaran cahaya atau cahaya yg terpantul dari objek tersebut masuk ke mata kita…. nah, sekarang gimana caranya kita bisa melihat, kalau cahayanya sendiri tersedot masuk ke tengah2 blackhole dan tidak bisa terpantul lagi menuju mata kita

      • hanan Said:

        pake UFO buatan Adolf Hitler aja…,kecepatanya tinggi,bisa kesana deh….

  32. Yulfi_melly Said:

    …hmm,,,,
    .assyikk ugha zewh bca bca tntang kaiiagtooand tp low krang jlazz n ada eang ga ngrtyy mmaoo gemmana,, pengennd dechh kta c ufiee n mell mzukk lbang htamm ooowhhh zereemmh n keend eaa kaaiaa nya….huhuhuhu….zmpn 33 bandoenk zlalu d hatiii upz i did it again!!

  33. Yulfi_melly Said:

    …hmm,,,,
    …lubang hitam lbang htam…
    . dmanna zewhh kamoee bradhaaa….
    .mell ma fiiee mw mzukk newhh…
    .suguhan eaa mun datang huhuhu ohh eaa bagi yg mmaoo mzukk kk black holle lwatt pntuu ajaibb DORAEMON AJJJ hohohohohohhoho…………
    .ehh avenged seven fo0ld konzerr d snaa ga eaa….
    .pngendd nuntundd ikkhh………
    (huh zmp 33 9 C PALINKK GOKILL AKH,,,,)

  34. BAYU Said:

    KEKUATAN ITU YIDAK BIASA DI TEBAK SEMAKIN KITA PENASARAN MAKA SEMAKIN BANYAK PULA TEORI-TEORI BARU YANG DITEMUKAN KARENA BANYAK HAL YANG TIDAK DI MENGERTI MANUSIA DAN MUNGKIN KITA HANYA BISA MELAKUKAN APA YANG HARUS KITA LAKUKAN BERSYUKUR OLEH APA YANG TELAH DIBERIKAN TUHAN DAN KITA HANYA BISA MEMPERJUANGKAN HIDUP!!!!!!!………………

  35. BAYU Said:

    Satu pertanyaan sulit tapi sering kita jumpai apakah manusia taw kapan dia akan mati? apa ilmuan itu bisa menjawab nya?

  36. BAYU Said:

    Kekuatan dan benda apapun itu saya harap itu tidak menghancurkan bumi…..karena didalam bumi ada suatu kekuatan yang tidak dimiliki olen planet-planet lain atau matahari sekalipun yaitu kekuatan kehidupan dan bumi juga mempunyai satu planet yang bersaudara dengan dia dan satu manusia pun tidak tau apa planet itu…..yang pasti planet itu ada.dan disitu terdapat kekuatan yang tersembunyi dan itu juga terdapat didalam bumi dan kekuatan itu hanya akan dimiliki oleh orang tertentu yang pasti oleh manusia pemberani dan berbudi luhur…….

    • jurig Said:

      benar itu @@@

  37. ucuf Said:

    Thanks semua teman2 atas commentnya

  38. arinda farahdhika kusuma wardhani Said:

    black hole y??paling suka ni baca2 tentang tata surya.soalnya tata surya tuh nyimpen misteri banyak banget. arin kalo malam2 sendirian lihat bintang2,pasti pikirannya kemana-mana.”cb klo ada cowok yg cakep nemenin arin, kr2 mlam ini brp orang y yg lihat bintang,wah ternyata suasana di angkasa waktu malam hari kayak gitu y,dll”.

  39. Fajar_Anzari Said:

    gimana kalo kita ke isap masuk? dmn kita muncul??

  40. doctor Said:

    jdi ingin punya rumah disana.. mungkin ga ya?

    • ani Said:

      mngkin jah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

      npa gu d cbauin jah??????????????

      klo dah nyba ksih tw qw y` gmna rsa`x mzk ke lbang htam!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      he………….he………………

      • ucuf Said:

        seperti masuk dalam kawah gunung berapi

  41. va ajach Said:

    wah”…,
    …..ini hal yg menarik saat ak dulu SMP clas 1…,
    tapie dodol’nya guru fisika ak gatau’ thu…,
    hahahhah…..akhirnya dya nyari refrensi d ensklop…,
    …percaya jugah deh guru ak….,

    ak percaya ma keberadaan lubang hitam niee…

  42. anak Batam Said:

    kalo pendapat saya kalo msk lubang hitam kedunia lain ya?????

    • Ricks Said:

      Tepatnya ke Dimensi lain…

  43. muthie Said:

    mmmm………
    d dlm’a da apaan ntuh ???
    gmn jd’a klo bm ke sedot yaaa ???
    mgkn ga da khdpn lg…..

  44. benazir Said:

    fren, itu tandanya kebesaran tuhan..

    buka blog gw : benaziraisya.blogspot.com

    lu kalo buka blog ini berarti rasa nasionalis lo tinggiiii buanget !

  45. ani Said:

    hmm……………………………………..

    jd pnasaran,,,,kira kira da gx y` situs yg mnyatakn keanehn lbang htam????????????????????

    jd pngen tw klo mzk k dlm lbang htam gmna y`

    cbain yu????????????????

    he.he.

  46. winda_kalem Said:

    itu rahasia allah, jngn di usik, biarkn ja, allah maha mngetahui…………
    yg pntg skrg, qta kn dah tw tuww, klo sbener nya, bnyk yg ga qta tw……..
    skrg shalat lh, sembah lh allah, allah mnciptakan mnusia, tk lain, tak bkan, hanya lh u/ mnyembah nya…….

    • winda_kalem Said:

      ya kn???????????????

      • jurig Said:

        teuing

  47. ayzam Said:

    apa yang terjadi jika aku masuk black hole?

    • fakun Said:

      mungkin gnti wjah kli!!!!!!!
      he he he he………

  48. wiwien apridiyanti Said:

    uih………..ngeri banget ya?mo kiamat kx….kita pasrahkan aj kpd ALLAH SWT,hanya dialah yang tau rahasia seluruh alam ini…..ALLAH MAHA BESAR..LOVE YOU ALLAH

  49. malik Said:

    Menurut saya Lubang hitam itu cewek nya..Cowok nya yaitu Bintang2.bukankah bintang2 itu memancarkan cahaya(memberi) dan lubang hitam menghisap cahaya(menerima) ini sesuai dengan ayat Al quran..bahwa Allah menciptakan segala sesuatu berpasang2an…..

  50. april Said:

    HmMmMMm LmA ” Pnasaarann Bngedd Ma LbanG Hitam Tuu ,,

    RsaaaXx MaO cBa MsUk ,,

    kLo ManuSia MsUk k LuBanG HiTaM ,,

    jDi aP Yaaa ,, ??

    • alice Said:

      jD
      daDAr guLUng……………….
      mTHaHArI mZh MMpu BErsINaR 5000 M Th gee,
      sO, TnaNG jaaaaaahhhhh…………
      keBUrU Qt dAh mATiiiiii…………..
      gK bKAl ke ISeP………….

    • agus s Said:

      yang jelas lubang hitam itu menyimpan daya magnet yang begitu kuat,sebagai mana di contohkan pada dua anak manusia yaitu laki2 dan perempuan di dua jenis itu tersimpan daya magnet yang kuat untuk menuju ke lubang hitam dan akhir nya mejadi anak untuk meneruskan perjuangan coba lu2 pikir sendiri kata2 ini pasti mengerti.

    • bryan Said:

      jadi apa z boleh…

  51. dira Said:

    lubang hitam tu katanya sebesar lubang jarum . trus ada lubang putih yang merupakan tempat keluar dari lubang hitam. sedangkan yang menghubungkan lubang hitam dengan lubang putih itu lubang cacing. dan keluarnya bukan di alam ini tao jagad raya ini. itu yang ku baca di buku. di dalam lubang pun, waktu pun berhenti. haladalah… awet muda dwonk…hehehe

  52. Saraz Said:

    daRi dlu aq pNasaran bgt ma yg nma’x lubang hiTam….pngen tau kyak pa sIe lbang hitam yg azLi……

  53. andini Said:

    kalo ga salah gue pernah baca tentang orang yang mengaku dateng dari masa depan lewat 2 lubang hitam (para misteri mania pasti udah pada tau kan? kalo ga salah john titor pokoknya john-john nan deh). dan di suatu web gue juga pernah baca kalo suatu kecepatan melebihi kecepatan cahaya maka waktu bakal berhenti ato berputar kembali gitu (pas banget kan soalnya lubang hitam kecepatan gravitasinya besar banget). makanya selama ini gue mikir dan bertanya-tanya, mungkin gak ya kalo kehisep ke lubang hitam bakal ke masa lalu ato masa depan? apakah lubang hitam semacam mesin waktu?? toh menurut teori einstein manusia bisa melakukan perjalanan waktu

  54. aprillia christ Said:

    jd penasaran???
    mang bner da???
    menakutkan…

  55. TATO Said:

    INILAH MAHA BESAR TUHAN, MISTERINYA YANG MESTI KITA PECAHKAN. BELIAU AKAN SANGAT BANGGA JIKA UMATNYA MAU BELAJAR. BUKAN HANYA PASRAH GITU AJA. SIFAT DASAR MANUSIA ADALAH MEMILIKI RASA INGIN TAHU. GUNANYA ADALAH AGAR MANUSIA BISA BERTAHAN DARI KEPUNAHAN. KENAPA MESTI MENYESAH ? SAYA PALING TIDAK SUKA KOMENTAR YANG RADA PESIMIS DAN MENYERAHKAN GITU AJA MASALAH PADA TUHAN. MASAK KERJAAN TUHAN CUMAN NGAWASIN MANUSIA, APAKAH KWASAR, NETRON, BLACK HOLE TIDAK DIAWASI. INGAT KITA HANYALAH SETITIK DEBU DARI HAMPARAN ALAM SEMESTA, YG TIADA PIHAK LAIN YANG AKAN PEDULI JIKA TERJADI BENCANA YANG MENGANCAM,. KITA SENDIRI SEBAGAI SPESìES YANG MEMILIKI KEMAMPUAN, BELAJAR, MAKA BELAJARLAH AGAR GENERASI KITA MENEMUKAN JALAN AGAR TETAP EXIS DI TENGAH GEMPURAN KEKUATAN ALAM. SEBAGAI THE WINNING SPECìES IN COMPETITIONS.
    MENYERAHKAN URUSAN PADA TUHAN ADALAH TBIAT JELEK MANUSIA YANG PASIF. TUHAN TIDAK AKAN MEMBERI TAHU KEBERADAANYA TANPA ADA USAHA MANUSIA MENCARI TAHU. KITA
    SALUT KEPADA AMERIKA YANG RELA MENYELìDIKI ALAM SEMESTA TANPA ADA JANJI UNTUK MENEMUKAN SESVATU. MEREKA MEANGGARKAN DANA BESAR UNTUK KEGIATAN RISET. YANG SUDAH TERBUKTI MANFAATNYA HINGGA KINI. MALAH AS DIMUSUHI. SEDANGKAN KITA KEHABISAN DAYA UNTUK MENGATASI EGO. EGO PADA KEBENARAN YANG BELUM TENTU BENAR, EGO TERHADAP KEBESARAN PAHAM YANG BELUM TENTU BENAR. YAKINLAH JIKA KITA MASIH MEMILIK PANDANGAN SPT ITU MAKA SELAMA ìTU BANGSA KITA MENJADI BANGSA KELAS JONGKOK

    • ucuf Said:

      semangat amat bro..heheh
      mantap

    • aLvhie Said:

      setujuu bgd ma lo …
      itu persepsi gw bgd bro ..
      hahaha …
      emg bangsa qita ne serba pasrah ..
      menyerahkan semuanya gitu aja ..
      bukannya berusaha mencari tau ..
      kapan bangsa qita bisa maju ???!!

  56. riep_shie Said:

    subhanallah……….
    mungkin ini salah satu cara-Nya supaya kita tetep inget siapa kita sebenarnya,,,,,,,,,,,,,,

  57. Salut…” kpn ya Indonesia bisa jadi ilmuan memecahkan masalah lubang hitam di luar angkasa?”….

    • ucuf Said:

      doa dan kerja keras kita akan menghantarkan itu semua

  58. hendra pradisty Said:

    wow,,,dasyat…’!!
    cahaya aja kesedot,,,jangan jangan bumi jga mau ke sedot…. kalo iya g mana dong,,,apa qta ngungsi aja ke mars…!!
    atau jupiter aja biar luas…..

    • sary Said:

      ide nya cukup bagus tuch tapi…
      …emang nya kamu dah buat alat wat ke jupiter???

    • aina Said:

      ya ga bisa lahh!!!!!!!!!!!!! jupiter kan permukaannya gass

  59. sary Said:

    kalo bener lubang hitam bisa nyedot bintang,tapi ko bintang nya ga abis2

  60. Jeni zhora yulisma Said:

    benar ada apa ga seehhhhhhhhhhhhhhhh……….serem juga liat gambrnya………..hik……….hiiikk…….hiiiikkk

  61. hanya Said:

    wah……. jadi pengen teiliti ini lebih lanjut….?????

    • rossa Said:

      hu uh kayakna mang seru untuk di teliti..

  62. ekha rock Said:

    ahk !!!
    mssa……………
    kaya ny black hole isi ny bintang smua x !!!!
    sbnrny black hole ad brapa sich bnyak ap sdikit ????

  63. yeza Said:

    subhanallah………………………

  64. vanda Said:

    ihhhhhhhhhh……… menyeramkan……….

  65. farynd merynda amaddd jyegh Said:

    pengendd liadh langsung gw lubang itemnye……
    tp klo uda mazuk kulitnye jd item kgak ya???????????????????

  66. farynd merynda amaddd jyegh Said:

    pnazaran gw amma lubang itemnye……
    tp klo uda mazuk kulitnye jd item kgak ya???????????????????

  67. ryukan Said:

    jika lubang hitam bisa ngisp tu mua yg di dkt nya…
    trs yg diisep kmn mua ya???
    apa msh bisa dilihat????
    klu mrt gw mua tau lbh jau cb aja dech kesana langgsng n di i\di isep ma lubng tu… dijamin mantap….wkwkwkwk

  68. eko Said:

    lubang hitam bsa ngisap badan nya sndiri gak?

  69. ris Said:

    makin ketauan kalau Allah sungguh maha Besar

  70. rossa Said:

    wakh pengen jadi ilmuwan nich.. kayakna seru bgt lok melajari ttg planet..

    • sandi anardito putra Said:

      pengen belajar tentang planet?
      jadilah astronot bukan ilmuwan
      biar bisa memecahkan misteri itu!

  71. fajar rh Said:

    bagaimana jka manusia tersedot kedalam lubang hitam tersebut dan apakah manusia benar2 pernah melihat dengan dekat lubang hitam itu, jika benar pernah apa yg akan dirasakannya atau ada efek tertentu atau tidak?

  72. tien zha Said:

    iekh.. t’nyta d’blik smua khidupan pzti da rahasia..
    allahuakbar…………………………….

  73. tien zha Said:

    wakh… hbt.. lach.. truuzin agi ato0 crta nya…

  74. wahyudi Said:

    lubang hitam bisa ngisep badannya sendiriga ya n klo ngisep hancur paga atau malah makin besar

  75. tya winona Said:

    yah padahal mau jadi astronot nih gue….gue juga takut kalau misalnya bumi kita di telan….to denger2 katanya lubang itu akan membawa kita mati/ke dimensi lain????semoga aja hilang deh tuh lubang hitam /blackhole…

  76. fela Said:

    saya percaya lubang hitam tu ada, krn galaksi kita luas yakan?????
    qt bsa m’ lihat semua’a klo qt gx terikat waktu

  77. yudi Said:

    Allahhu Akbar,,, segala keAgungan miliknya betapa mulya nya ciptaannya,,,,jutaan yang tak dapat kita ungkap secara lengkap…..semoga bermanfaat

  78. Reynol Said:

    Aku harap aku tdk akan menjadi lebih gila lagi akan lubang hitam. Aku berharap lubang hitam itu hanya hayalan. Trimakasih

  79. agus s Said:

    berbicara tentang lubang hitam tentu tidak akan ada habis nya alloh itu menciptakan jagat raya ini pasti dengan kegunaan nya tiada satu pun yg di ciptakan tuhan yang tidak berguna,lubang hitam itu kalo memang di ciptakan tuhan itu mungkin guna nya pada saat kehancuran dunia ini yg di sebut kiamat lubang hitam lah yg menghancurkan nya,itu sengaja di persiapkan oleh tuhan dan kita akan menuju masa re’inkarnasi dan berkumpul di padang mashar.

  80. aqli dudlle boys Said:

    wooo…..it so cool

  81. iyah gw jg pnasaran….jd pngen ngeliat….menurut bku yg w bca ada sesuatu yang menyerupai lubang hitam/black hole yaitu lubang cacing…lubang cacing ini ukuranya lebh kcil dr lubang hitam…..!!!!!!!ilmuan cilik di inggris berkata klo dia akan mengamati lubang hitam dan lubang cacing…jika berhasil kemungkinan kita kakn bisa menjelajahi zaman dulu dan masa yang akan datang,,,!!!!keren kan…..!!!!!!

  82. ennni Said:

    pasti lubang menuju dimensi lain. siapa tahu disana ada dunia aneh yang tak terbayangkan manusia sebelumnya

  83. DEFIZA Said:

    kita pasti akan bisa menjelajahinya, tapi belum sekarang. karena kita belum tahu bagaimana caranya, dan itu masih menjadi rahasia Allah.SWT
    Mudah2an nanti kita akan menemukan jawaban itu dan psti nya jawaban itu sangat mengejutkan sekali. . . . . .,,,

  84. puryadi Said:

    gmn indonesia mo bs k lubang hitam,negara lain dah bs k bulan sdgkn kt msh ngipasin dupa

  85. alfaidzin rahman Said:

    mugkin disana tempat makhlik alien yg sa,pai sekarang masih menjadi mitos

  86. rudy"momo" Said:

    Mamennnn….aq tau kalian semua adl tipe tipe pemikir…..dan kalian adlh orng2x yang terpilih bt baca dan mengaguminya……tp sebelum lubang hitam terjawab mungkin petunjuk nya ada di bumi..seperti di sidoarjo…….contohnya…jk kalian nemu hal aneh…tolong di publikasikan..bisa jadi buat petunjuk dr ujung lubang hitam allahhua alam toh …!!!dari kalian mungkin riset tuh terjawab…ok sob goodluck….!

  87. wiyogo kusumo Said:

    apakah lubang hitam yang menyebabkan hancurnya bumi ini????
    karena tidak menutup kemungkinan lama-kalamaan bumi kita tersedot dan lenyap ditelan lubang hitam.
    atau bumi kita yang akan menjadi sumber lubang hitam, karena dalam kurun waktu yang lama bumi ini massanya semakin berkurang, sehinnga gaya gravitasi yang ditimbulkan semakin besar dan dengan demikian lama-kalamaan terciptalah lubang hitam…………..

  88. meimei Said:

    Astagfirullah hal adzim…………….
    nkutin juga.Pnasaran pengn lyat lgsung.hahahaha
    Gmn y,kjdiannya……….
    hhhhhhmmmmmmmmmmm
    lbang htam yg nkutin.

  89. Apakah Lubang Hitam trsbut dpt menydot smua yg ada di muka Bumi ini, trmasuk Planet dan Matahari ?
    Wah klo sumpma kita trsedot ksana rsanya kyk gmna y ?
    Hi………Ngerrriii…….!!!!!!!!!!

    Gue anak smampir kdiri yg Keren Abizzzzzz……………………….!!!!!!!!!!!!!!

  90. carol Said:

    ih serem juga ya lubang hitam itu .
    nanti aku mau menjadi suka relawan untuk menjajahi lubang itu.
    untuk menambah ilmu . mudah – mudahan aku selamat dari lubang itu

    • mohammad rizky Said:

      ya allah aku hanya manusia yang dhoif ..yang tidak bisa memahami semua ciptaan mu..betapa agungnya engkau ya allah..semua yang engkau ciptakan itu adalah pelajaran untuk kami semua..

  91. michelle Said:

    kebesaran tuhan memeng tak terhingga ya.
    ada kejadian alam atau sesuatu alam yang bisa kita ketahui ada jga yang tidak.

  92. ary Said:

    lubang hitam itu adalah keajaiban tuhan…………………………!!

  93. rizal alfiyyah Said:

    emmmmmhhhhhhh..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    mengapa sich black holes sulit untuk di pecahkan???????
    mengapa lubang hitam bisa menarik benda2 langit,,,,,,,????
    pengen sekali tau,,,,,,,,,,,,,
    tapi rasio ku terbatas he hehe he he he he he he he he he he

  94. githa Said:

    mungkin itulah batas dari ruang dan waktu antara dunia dan akhirat, sob. Subhanallah wa bihamdih !!

  95. mohammad rizky Said:

    ya allah aku hanya manusia yang dhoif ..yang tidak bisa memahami semua ciptaan mu..betapa agungnya engkau ya allah..semua yang engkau ciptakan itu adalah pelajaran untuk kami semua..

    betapa pintarnya manusia ingin mengetahui semua yang ada di luar angkasa..sampai 200 tahun lebih untuk mempelajarinya..tapi hasilnya masih nihil..

    misteri lubang itu

    aku kate : itu semua tidak dapat di kaji oleh manusia..ada baiknya untuk mengambil hikmahnya..

  96. ulquiourra Said:

    lubang hitam memang benar ada..
    dan itu adalah sebagian kecil dari kuasa allah yg menabjukan..
    mengapa sampai sekarang lubang hitam masih menjadi misteri???
    mungkin ad batasan-batasan dimana manusia hanya bisa mengetahui sedikit saja ttg lubang hitam.. dan selanjutnya adalah rahasia allah.. (allah hualam).

    allah maha besar..
    “d ats langit msh ad langit” mungkin ad fenomena yg lebih dasyat lagi… lebih dahsyat dari lubang hitam..?? (allah hualam)

  97. Wewen Said:

    Jadi pingin mampir ke sana …

  98. bonar Said:

    apa kah btul setelah masuk ksna bisa tembus ke masa depan???????????????

  99. Lee Said:

    sobat,klo lubang hitam unsur pembentkan’x pa za sh???

    • aina Said:

      dr suatu ledakan masif suatu bintang/supernova

      • lisin chaiya Said:

        benar dari ledakan suatu bintang, tp saya lebih cenderung ke pernyataan bahwa atom sebagian besar adalah ruang kosong, partikel atom pada sebuah benda dalam keadaan stabil, pda suatu event terjadi sebuah gejala yang membuat partikel atom tidak dapat mempertahankan kedudukanya. sehingga pertikel terlepas dari kedudukanya dan meninggalkan sebuah ruang kosong yang benar-benar kosong(ruang hampa/angkasa tidak benar-benar hampa kerena masih begitu bnya debu kosmik). black hole adalah ruang yg benar benar kosong dari sebuah momentum ketidak seimbangan atom, ketidak seimbangan itu terjadi jika ada sebuah momentum yang menghasilkan energi yg lebih besar dari partikel atom tersebut,(sebuah partikel tidak akan bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya, namun hanya energinya bertambah,) nah supernova berasal dari sebuah momentum yang mengakibatkan ketidakseimbangan sebuah materi sehingga menciptakan ruang yang negatif. itulah black hole. jadi segala sesuatu akan terhisap untuk memenuhi ruang itu karena semua adalah materi, atau atom yg terdiri dari partikel atom.

  100. SULIYAH Said:

    ALLAHUAKBAR maha besar engkau ya allah yang telah mnciptakan JAGAT RAYA INI……………

  101. SISCA Said:

    Suatu saat misteri ini bakal aku yang pecahin ! amin :D

  102. jabon Said:

    by jabon

    wah saya gak tau ni hehe he he

  103. ticka Said:

    pengen tw deh apa yang ada di dalam lubang hitam itu,, stlh msk lalu ap yg terjadi y??
    waktu smp w mank pernah baca buku ttg angkasa luar,, ktanya dlu ada astronot yang pernah gk sengaja kesedot badannya pipih panjang ky spageti trs tiba2 dy ad di satu kehidupan yang lain tp dy gak tw ada dimana tempat itu…
    hhmmmmmmmmmm………………
    jd pgn yaw lebih dalam………

    • rizqi Said:

      ” udah ga usah mkirin kaya gituan”’
      yg kita cukup ngrti aja’
      semua CIPTAAN ALLOH”’
      kita syukuri aj””’a

  104. Kajan Said:

    Masuk lobang berumput hitam burung kita bisa muntah, hahahahahaha

  105. Acik Said:

    Alam naskah tubuh.

  106. venus Said:

    bang,
    habis disedot trus kmna thuw bintang???

  107. kodoxx Said:

    apaa lu gwe yg bakal mecahin masalah nee

  108. ryandhika Said:

    masih pantaskah kita untuk sombong??

  109. tassya Said:

    pengen liat nii jadi’a..
    tp liat’a dr teleskop ajj,.
    qlo langsung ntar w disedot lg.

    gg mw….!!!!

  110. ijul Said:

    w pernah liat langsung nh, dngan mata telanjang,ternyata yg w liat itu……. lubang hitam (bo’ol sapi) mirip deh sama kya gambar yg di atas…….. hahahahahaha

  111. akbar Said:

    saya jadi malu ternyata kita ga ada apa2 jika d banding sama alam semesta ini,,sedikit saja terjadi bencana d bumi saja kita sudah kwalahan,,apalagi d sertai bencana yg berasal dari luar bumi???,,ampun yaa Allah ya tuhanku jika hamba mu ini terlalu angkuh dan sombong..

  112. fikriana Said:

    ak masih penasaran sebenernya benda-benda yang udah masuk ke lubang hitam itu kemana lagi rimbanya?..

    • aina Said:

      pastinya ke dimensi lain tp mungkin soalnya aku masih sd yg gemar ilmu astronom

  113. filipo Said:

    “kalo aku lubang hitam , lubang yang dicptakan oleh tuhan.”

  114. sakira Said:

    black hole, menyedot semuanya cahaya, radiasi, mungkinkah waktu ikut kesedot,.

  115. rextstynogerz Said:

    gwa pengen jadi relawan yang masuk duluan ke sana ,,
    wkwkwkwkwk

  116. Volking Said:

    gambar nya kaya lubang ………………………..(sensor)…………………..

  117. Artha Said:

    berarti blm ad yg tau y tentang lubang hitam itu ?
    kalau dipahami lbih dalam . pzty bukan kmampuan manusia untuk menjawabnya . manusia cuma dapat mengetahui apa saja yaang ad di alam ini yg tlah diciptakan oleh sang kuasa ,

  118. okitakai Said:

    wow…………sangar……………

  119. deny saputra Said:

    menurut gw sih kalo nonton di filem” nh yah….
    lu liat gx di youtube”…
    bumi berakhir nabrak meteor….
    trus bumi berakhir di sedot lubang hitam……
    lubang hitam di buat sma tuhan kita melainkan bukan buat menghancurkan bumi tp mengeser bumi supaya gx kena sma tuh meteor…….
    tuhan menciptakn tuh smuah spaya umat manusia sadar…
    JADI LO” SMUAH YG MERASA MANUSIA AKHIRILAH KESERAKAHN KALIAN n KESOMBONGAN KALIAN …
    IKUTI JALN TUHAN YG MAHA KUASA…..
    LUBANG HITAM DIBUAT SMA TUHAN BUAT MENYEDOT MANUSIA YG JAHAT SERAKAH , DARI ISI BUMI….
    JADI LO” RANG SEMUAH YG JAHAT CEPAT LAH BERTOBAT….
    SBLUM SMUAH NYA TERLAMBAT…..

  120. shevira tri handayani Said:

    astagfirullah haladzim
    bagaimana nasib kita bila kita smua masuk ke dalam lubang tsb ?
    takut bgt ikh,,
    kita harus bnyak* berdo’a kpd ALLAH SWT !
    ingatlah ALLAH !

  121. Aa Zacky Said:

    Lubang Hitam / Black Hole… atau apapun itu namanya …aku baru tau euy… kalo ada lubang hitam yg sedemikian dahsyat kekuatannya … sangat menakjubkan.. Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya. Allahu Akbar….

  122. Rahman Said:

    Benda yg berwarna Hitam seperti pusaran Angin ,mungkn menandakan peringatan pada manusia agar selalu ingat akan pencipta x,selama ini kita tak selalu tidak sadar akan musibah yg selalu melanda kita Seperti Longsor,banjir..serta masih banyak yg lain x,.?itulah kekuasaan Allah yg di nampakkan x apa bila kita tak akan selalu sadar Hidup di atas Muka Bumi ini ….?
    Kehancuran Bumi Pasti Terjadi ??itu janji Allah Dalam Quran x …?

  123. Afni Sulaim Said:

    Masya Allah. . .
    Maha Kuasa Allah. . .
    Tak ada yg mustahil bagi-NYA.
    ALLAHU AKBAR. . .!

  124. Aryakencana Said:

    Ko’ bsa gt ya. . ?UAneh bin azaibk, . !”tp q punya filmnya lo mlahn,yg brcrta tntng lbng htam. . . “trnyta ada bnern dn nyata”!! “sbhanallah”

  125. aldye Said:

    huwolloh uallam ….
    prcy djj dch sm yg kuasa.
    klw lobang ito emang maog ngncurin bumi ia artii ny sdh takdir ny.

  126. Fify Said:

    penasarannn penasarraaaann !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  127. yudi Said:

    jd pengen masuk lubang hitam milik istri gue niech..hehehehe

  128. Prastzn Said:

    kalo kata ku sih itu efect dari ledakan bintang

  129. fieya oR tHopHi'eS Said:

    pEngend liAt niE,,,,,,

    pengend langsung liat d lUar angkasa….

  130. A.R.A Said:

    supermaN aj gk BsA pa laGi lOe !!!!!!!!!!!!!!!

  131. aina Said:

    jelasnya lubang hitam adalah suatu benda luar angkasa yang gaya gravitasinya sangat kuat.ketika benda masuk kedalam lubang hitam maka mungkin akan dibawa ke dimensi lain.Aku masih sd loooooooooo liat di face book beryl aina

  132. imam nur cahya Said:

    gmna y rsa y klo msk ke sna mungkin g ad lampu tau cahaya mungkin ad mhluk lg di sna jurik kunti setan tuyul he he he

  133. jamit kolong bautai Said:

    di lubang itu sangat bau tai

  134. blinkers Said:

    gw dah ngerti dari slama ini yg gw ketahuin..ternyata emang lobang hitam ntu mindahin waktu..n bumi pernah k isep d lubang hitam..buktinya fosil manusia purba yg hidup jutaan tahun lalu masih ditemuin..malah ada fosil manusia purba yg ditemuin di atas bukit yg seharusnya ga akan bsa di tempatin manusia..n jg peninggalan atlantis..n zaman para nabi…brarti ada zaman dulu yg dimana manusianya lebih pinter dari zaman sekarang..tyus zaman mereka ke isep lubang hitam…nah klo menurut gw,perkiraan bangsa maya tentang 2012 ntu maksudnya bumi bakalan k isep lubang hitam agy,,tyus zaman sekarng ni bakalan berubah agy…

    • tdk mksd nya 2012 itu akan ada Badai Matahari bkan kehisap lubang hitam…trus tulang itu bisa tahan bertahun2 coba kubur tulang sapi lue tunggu selama 1000 thn pasti utuh pling cma bolong2

  135. blinkers Said:

    n jd bumi dh 2 kali k isep lubang hitam…klo zaman purba manusianya tengkorak kepalanya aga lonjong,zaman nabi manusianya tinggi2 n ckep,zman sekarang ada yg tengkoraknya lonjong,aneh,kembar siem,tinggi,ckep,pendek,ga ckep..ntar klo bumi k isep lubang hitam untuk k 3 kalinya bakalan brubah jd apa kira2?

    • Jdi Tengkorak jdi Kotak,mata ada 3,kaki ada3,tangan ada 3,hidung nya gag ada,seluruh tubuh di tumbuhi rambut,telinga ada 10,mulut kan oval jdi buuuueeeesaaaar….:P

  136. blinkers Said:

    thanks to allah…for everything..coz we are still alife..lets grateful for every seconds,minutes,hours,days,weeks,months,years our life…do the best for everyone…

    • mizan Said:

      apa yang ada di langit dan bumi….,itu semua ciptaan Allah. dan hanya Allah lah yang mengetahui kerahasiaan yang ada disitu. “Allahu’alam” .

  137. idriscoker Said:

    subhnallah…..serem jg bayangin ny…kirain lubang hitam yg berbulu enk smua..rupanya ad yg mengerikn….

  138. ozi Said:

    semua itu bohong,,,ooooooooooooo,,,kau pembohong

  139. ramadhani Said:

    subhanallah………. msi bnyak kbesaran” Allah,,,, dan hnya Dialah yg mngetahui smua itu……

  140. Herman adriano Said:

    Sib,,,
    Menambah pengetahuan nich,,,,
    Like this,,,

  141. Angel Sweet Said:

    …Emz…
    … Foto.x dpt dr mana y ???
    … Klo Hrz Mati Sblum Liat…

  142. bryan Said:

    di dalam black hole mungkin ada kehodupan yg laen.kn bintang2 banyak d angkasa luar,kata ust.jefry di luar sana banyak kehidupan lain seperti kita,itu lah mungkin ALIEN,dan ALIEN tegnologinyya lbh canggih dr manusia,makanya mereka bisa menjelajah galaxy kita yaitu BIMA SAKTI,,,yg jauhnya berjuta2 triliun cahaya jauhnya.manusia kan sampai saat ini masih menliti galxy ANDROMEDA,iyu pun belum selesai,brapa triliun lagi bintang yg hrus di teliti?banya bgt,jd yakinlah di bintang lain ada kehidupan lain.sebenarnya allah jg udh menjelaskan,tapi kitanya z yg malas belajar atau mempelajari al-qur’an?mungkin di situ ada di jelaskan…di al-qur’an jg sudah di jelaskan apa yg terjadi di masa lalu,masa sekarang, dan masa depan…jadi beruntunglah kita orang muslim,karena kita punya pedoman yg memuat banyak ilmu?al-qur’an bukan hanya menuntun kita untuk masuk surga,di sisi lain jg memuat tentang ilmu2 yg luar biasa sob…

  143. tassya Said:

    kalo tuhan udh berkehendak kita senagai manusia mau berbuat ap lgi??????????????????

  144. jauhar Said:

    iya, btul skli,…. mnusia d galaksi bima sakti untuk sa’at ini mngkin msih impossible mmbuat kndra’an brkcptan cahaya, brrti ufo dll sb. itu mngkn bisa 100 x kcptan chya, krna udh mnjlajahi galaksi lain,……….

  145. fuad Said:

    tmen temen apa bener lubang htam bsa menggeser waktu

  146. fuad Said:

    v kta aku mahluq hdyp cman ada di bumi sial nya di lyar gada oxigen yg ada gas beracun

  147. smua bnda yg masuk ke black hole pasti akan hancur,karena saat masuk bnda itu akan terputar sangat kencang/bisa di bilang itu adalah lorong waktu :)

  148. @ Fuad: ya benar mnurut para ahli mereka mengetes mencoba memasukan pesawat ulang aling yg tak ada org nya lalu saat keluar pesawat ulang aling kluar dri sisi black hole yg lain dan pesawat itu menjadi pesawat tua….tetapi ada yg mengatakan itu karena pesawat ter sebut tdk habis di hancurkan oleh lubang hitam…… :) (^^^)

  149. @ Bryan: tpi itu kan hny mungkin,bisa saja tetapi tidak tpt setau saya Tuhan mencipkan manusia lebih sempurna drpada makhluk lain……katanya di temukan planet baru yg mirip bumi dan ada penghuninya itu bisa saja alien karena di planet itu ada oksigen……..mana mungkin alien hdp di Lubang hitam mau ke sedot alien nya ???.. :O

  150. @ Ozi: klo mau tahu trbng aja lu liat di luar angkasa…….biar lbih jelas nonton di National Geograpich Cannhel….heyy guys..Black hoole setau saya terbentuk akibat bintang supernova yg sdah menua dan membengkak sebesar matahari ini menyebab kan gravitasi bintang tersebut menarik gas,permukaannya ke inti nya dan meledak setelah itu inti nya akan tetap ada tetapi membentuk black hole yg tak terlalu besar…. :)

    • Zhazha Owie Said:

      kurasa emng it

  151. Zhazha Owie Said:

    subhanallah ,,,

  152. Ternyata masih banyak misteri dunia maupun angkasa yang belum bisa dipecahkan manusia ya,,,,,
    seungguh merupakan rahasia tuhan yang maha kuasa….

  153. calvin Said:

    apakah ada kehidupan di lubang hitam? (^^)

  154. purwadi Said:

    kalo masuk lubang hitam ntar tembusnya kemana yah?

  155. harie Said:

    waw apa itu ???

  156. omgaul Said:

    gua sih pinginnya lobang enak ,,,,,,,,bukan lobang hitam ,tapi yng merah2 gitu……

  157. adly'Chamakh Said:

    matau jawabanya tungu tu hari kiamat, baru tau…
    lubang hitam tu buhongg…

  158. rey Said:

    Kira2 kpan y’ misterinya lubang hitam bsa terpecahakn ?! ………..

  159. ades putra Said:

    seharus’nya kita sadar,bahwa tidak ada yang mampu menandingi kekuasa’an yang maha kuasa….melainkan ALLAH SWT.

  160. ades putra Said:

    SEHArus’nya kita sadar”..tidak ada yang menandingi kekuasa’an ALLAH SWT.

  161. deta Said:

    kalo matahari kesedot lubang hitam gimana yach!!!
    asyik tuh kayaknya,,,,

  162. Kukhu Said:

    Bagunya kita lihat lubang hitam jenis lain saja.

  163. dimasteam Said:

    ngeri juga ya gan
    gua kebayang kalo masuk itu langsung ke dunia mana ya

  164. Mardias Dias Said:

    SubhanaAllah…

  165. westkink Said:

    aq ngak bisa berkata ap2 aku hanya bisa ucap maha besar ALLAH swt, mdah2an semua kbesaranya buat saya dn jga semua bisa lebih mendekatkan diri kepada sang penciptanya.

  166. fonny Said:

    kalau menurutku buat kamera yg bisa lihat langsung apa yg ada di dalam lubang hitam

  167. hmmm……..hampir ga bisa ngomong apa”…………

  168. desi Said:

    pengen langsung melihat, ke luar angkasa…………

  169. Allahu Akbar dech….sungguh tak ada apa-apanya manusia itu….cepat atau lambat kejadian itu akan datang entah apapun istilahnya…

  170. rifki Said:

    Wahai teman lubang hitam masih berupa misteri, dan hal itu masih belum diketahui secara pasti hal itu seharusnya menjadikan kita semakin yakin bahwa alam semesta ini sudah ada yang mengatur, yaitu Allah Swt yang Maha Besar yang masih banyak ilmunya yang tidak bisa kita ketahui, kita hanya seorang abdi bagi Allah yang mana kita hrs beriman bertaqwa kepadaNya. Terima Kasih

  171. dedi Said:

    kalo bumi kesedot, kiamat kayaknya…

  172. Holiez Naz Said:

    wadu penasaran bgt., andaikan bisa masukin kamera kesana.., w mw liat isinya wkwkwk

  173. mr.Prof Said:

    menurut ku….B L A C K H O L E lubang hitam yg sgt misteri itu adalah pangkal terompet ” ” ” S a n g K a k a L a ” ” ” yg telah standby untuk di tiup oleh sang PENIUP nya ISRAFIL………… dan ketika itu seluruh isi alam semesta matahari, planet2 bintang, akan bertaburan…. di angkasa raya ini… sesuai kehendak NYA… jadi kita ini hanya segelintir dari apa yg terjadi di alam semesta ini…………………………………..

  174. Kira Said:

    Seperti lagu aja ya /?
    Black Hole Sun ….
    masih misteri karene belum ada ilmuan yang singgah kesana

  175. danz Said:

    Blackhole mah biasa tod ..
    Asshole menurut gw yang luar biasa .. !!

  176. mistery………….

  177. davidwinata Said:

    bagi sebagian kita selalu menilai bahwa itu smua fakta sains yg blum terpecahkan,tapi jika kita mau merenungkan,bahwa kitab suci umat islam telah menyimpan smua kebenaran itu,bacalah alquran… niscaya akan didapatkan bukti kebenaran itu,tentang alam,tata surya,bintang-bintang,& smua makhluk yg ada di seisi jagat raya ini ada tercntum dalam alquran… allah maha tahu apa-apa yg tak akan pernah kita ketahui…

    • sesungguh nya allah telah membatas umur2 kehidupan planet :(

      • sesungguhnya allah telah menciptakan al quran untuk menjadi peraraturan di bumi dan di seluruh jagat raya ini dan telah mengutus nabi besar MUHAMAD.SAW untuk menjadi pemimpin dan menyampaikan petunjuk{hadist} untuk menjadi pertanyan manusia

  178. nick azmi Said:

    sya rsa kn mstri lbng htm dn segi 3 bermuda itu betul lah memang lah dlm al quran x dah bab zmn dlu diorang mna ada alat2 canggih mcm kta skrng . sya bkn lah nak memburuk buruk kan al quran tpi sya rsa itu betul lah itu semua kn ciptaan allah jdi aq percaya lah. suatu hari nanti klau umur pnjng aq akn pergi ke lbng hitam n segi tiga bermuda untk membongkar kn misteri i2 untk malaysia . mula2 skali aq mwaq nk ke lubang hitam di angkasa lepas aq mw kaji semua nya klau umur pnjng klau mti pun tetap mti syahid bab aq berkorban untk negara hahaha. yamamo tombong inak mu majakjak sintakruktul inkarita maciute . klau sapa yg nak knln ngan sya ini my fb tondekan kinabutan n my nber 014864 5810

  179. Jony Said:

    Baca.surat.Al-waqia.dan.yasin

  180. lidya the benji Said:

    Spa yg tkut liat lubang hitam ???? Ayo kita liat ksna b’sma Yesus. Hehehe……Gb us lho,,

  181. rika Said:

    wah pnsaran pgen thu itu……..

  182. ebhend Said:

    pa ea yg da di dlm lubang ntu

  183. edy prayitno Said:

    sgat menakjubkan and sgat sgat fenomenal,,,so,,bgy kita mnusia yg msih d’ksih akal pkiran,,,,sdar and mary kita sma” renungkan ksalahn” kitaa,,agr alam ny seimbang lgy and tenang,,AMIN

  184. kevin Said:

    wew lumayan

  185. gede M. Said:

    iiya…. thu sangat bagus untuk kita jadikan acuan untuk bisa menemukan arti yang sesungguhnya tentang lubang hitam…… mari ber lomba untuk pecahklan misteri yang belum terungkap di lubang hitam>>>>>>> :-)

  186. deby sephira Said:

    wow…………….
    gw jd pengen dech ke lobang hitam ……..
    tapi kalau org masuk ke lobang hitam mati atap hidup ya ….
    hahahaa itu bukan kita yang tahu tapi tuhan

  187. codat Said:

    walah gt ja pada repot, lubang hitam yg di maksud di atas memang ada kali, kan orbiot kita berputar2, ya seperti kalo kita main air di bak, atau pusaran air tuh, lubang hitamnya kan yang di titik pusaran kayak gitu ya kali, tpi kalo di jalan pas malem2 banyak juga lubang hitam, bahkan bisa ketawa tuh lubang hitam tuh, hehehehe

  188. dedi Said:

    lobang hitam pengantar suatu tempat dialam semesta,,,, bagaikan lobang waktu

  189. ismujoko Said:

    Kita Sebagai bangsa Indonesia ini harusnya berfikir, kenapa teori-teori itu muncul dari luar Indonesia. Kapan ANak negeri ini dapat menyumbangkan hasil pemikirannya untuk negeri kita ini dan pada umumnya untuk seluruh umat manusia di muka bumi ini.
    Kalau kita memberikan komentar itu yang relevan dengan disiplin ilmu dan selalu bersandar pada agama (kita) sebagai umat muslim ya harus berorientasi pada AL-Quran dan Hadist.
    Disana kita dapat menemukan berbagai hal yang berhubungan dengan kita, termasuk tentang lubang hitam.
    Saya pernah membaca di salat satu surat disana dijelaskan tentang luang hitam.
    Mohon bagi teman-teman jangan mudah berkomentar tanpa berfikir dan belajar. Itu semua akan mempengaruhi pola pikir kita sampai tua
    MAU ???

  190. rio Said:

    apakah lubang hitam itu akan memberikan dampak yang negatif bagi kehidupan di galaxi bima sakti pada tahun-tahun selanjutnya?

  191. azam Said:

    Wah penasaran pengen masuk apa ya isinya tapi harus pake baju anti radiasi nih

  192. riko love desiska sman 1 sdk Said:

    wow kereeeeeeeeeeeen tp ada ga sih kemungkinan bumi smpe kesana??

  193. informasi yang sangat menarik…

  194. ella Said:

    Allah maha besar….
    semua ciptaannya luar biasa…

  195. bram Said:

    setelah menyedot materi dalam jumlah banyak, apakah lubang hitam gak penuh? Dan kalau sudah penuh apa yg terjadi selanjutnya?

  196. dolan Said:

    lubang hitam y ?? seperti yang didongeng dongeng saja. jgn terlalu takjub dulu masih ada lagi yg luar BIASA di semesta INI

  197. denis danik Said:

    wah,, andaikan saja manusia bisa menciptakan baju baja yg tahan panas hingga 100.000 drjt celcius, aq mau di suruh lihat n masuk dalm lubang hitam. Demi penelitian

  198. San Said:

    Mungkin itu cerobong trompet malaikat

  199. perabu Said:

    w0ng pekok kbeh weke nggambleh th0k…

  200. nek aku mung dinggo ngrubah bentuk soko bentuk siji neng bentuk liyane
    supoyo kowe kowe podo mangeteni yo tooo….

  201. bagaimana kalau lubang hitam itu disinyalir sebagai lubang cacing(teleportasi) yang sempat menjadi proyek alexander graham bell pada waktu itu?

  202. Andri buls Said:

    Gw pengen masuk kedalam’a

  203. reni dewi Said:

    apakah berrti lubang hitam bisa menghisap matahari/menjelajah waktu

  204. xx Said:

    nice

  205. aya Said:

    hemn,,,,,,,,,,,,,,, denger itu doang hanya satu yang bisa aku katakan

    subhanalloh

  206. wirazhuho Said:

    mengapa sih bisa terjadi lubang hitam.?
    apa penyebabnya.?

    apakah lubang hitam adalah portal yang menghubungkan pada dimensi lain.?

  207. rey Said:

    g ush rpot2 mti,
    bkin tali trpanjang didunia yg mnghubungkan bumi dan lubang hitam ,ikat orng yg mmbwa kamera msuk kdlam lubang itu,klo slesai tarik lg,,,
    Uupss,,,tinggal kerangkax ;)

    • ga sekalian aja lubikin tuh jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan bumi dan si penyedot itu

  208. rey Said:

    g ush repot2 mati dlu,

    bkin ajj tali trpanjang didunia yng mnghubungkan bumi dan lubang hitam ,ikat ska relawan yng mmbwa kamera msuk kdlamx, slesai trik,,
    Uupss tinggal kerangkax ,,,
    ma’ap korban manusia dlu bru dpat videox,,

  209. anto syg eha Said:

    jadi penasaran………………………………………!!!!

  210. wira Said:

    apa isi dari dark hole,?? semua benda yang terhisap pada kemana ?

  211. ahsan aji Said:

    saya selalu suka dengan pembahasan astronomi..
    dari mulai teori teori sampai fakta faktanya..

  212. lidin bengkulu Said:

    saya minta tolong bawa aku kesana.biar aku masuk kedalam lobang itu.apa apa perkembangan nanti aku imel kan

  213. Daud Jordan Said:

    bacaannya sih gak terlalu banyak…………
    tapi comentx itu lo…….
    ngalah ngalahi seng ditarik nang lubang hitam iku…..

  214. dayuzzz Said:

    ohh gtu ya?!!

  215. reza garpoz Said:

    lu aja gih sono….

    ngapain ngajak” gue,,,,,???

    kaya kenal aja…!!!!!

  216. wahyu Said:

    bgaimna ngeliat nya …

  217. wahyu Said:

    apakah Tu nyta , pa hnya sekedar teori sja …?

  218. Jonas Mongula Said:

    Lobang hitam adalah bagian yang tak terdeteksi oleh cahaya karena akan ada waktunya kita tahu bahwa ada Surga yang dibuat di tempat yang tidak dapat manusia datangi kecuali pada hari kedatangannya ke 2 kali dan kota yang baru yang akan turun dari sana

  219. lobang hitam bisa jadi alternatif pembuangan sampah biar bumi ini bersih ,hhaha

    • oecoef Said:

      Bukan kotak sampah bro

      • @DEDY kata lu bagus juga yaudah sana lu jadi petugas sampah luar angkasa aja sob

      • cendy Said:

        guru fisika qu mengira itu adalah
        lubang yg menghubungkan ke dunia lain.

  220. jakfarc2n Said:

    Maka Aku(Alloh)sumpah,demi ‘tempat2 jatuhnya bintang2.Dan ssungguhnya itu adalah sumpah-jika kmu tahu-yg besar,ssungguhnya (ktb ini) adalah Qur’an yg mulya”.(Tarjamah surat Alwaqi’ah ayat 75 -77).. Ingin lebih jelas hub : 085225764690.

  221. RHATHNA Said:

    WALACH ……………………………MEMBINGUNG KAN

  222. Hendra Said:

    Kalo disedot lubang hitam masuknya kemana yah..???

  223. hyuuunk,, byangien klo smpe ngisap matahari, pastinya g ada pnerangan agy di alam jgad raya nieh

  224. Surabaya underground Said:

    MenurutQ Di dunia ini gk ada yg namanya lubang hitam adanya cuma lubang pantat & lubang hidung

  225. lah itu kalo di sedot keluarnya dimana itu sob

  226. sandi anardito putra Said:

    mengapa lubang hitam bisa nyedot apapun?
    siapa yang bisa memecahkan that mistery bisa masuk saluran TV dunia!

  227. sandi anardito putra Said:

    ya allah berikan seorang manusia untuk memecahkan mistery itu!

  228. Sinta_STP Said:

    Widihh, , ,

    keren pengen banget ngeliat secara langsung . Bagai mna lubang hitam itu menyedot sebuah objek yang mendekatinya .

  229. carol Said:

    Kalo black hole menyedot apapun, knp disekitarnya msh bnyk bintang2? Seharusnya udh lama punah dong planet2, bintang2..

    Trus ada apa dibalik black hole itu?

  230. sufi aisyani Said:

    nach misteri lubang hitam itu kan masih belum terpecahkan… tapi bentar lagi ada aku yang bakalan jadi asatronot… jadi kalian gk usah bingung bingung dechh….. hahahahaha

  231. Kumaidi Said:

    Bisa jadi, lubang hitam itu adalah sebuah jembatan antariksa yang menghubungkan antar galaxy… Atau bisa jadi lubang hitam yang menghisap sebuah benda eang besar bahkan cahaya eang tidak memiliki bentuk pun dapat terhisap, semua benda eang terhisap kemungkinan akan mengisi sebuah ruang hampa untuk menciptakan galaksi eang baru……

  232. hendry Said:

    Dalam al-Quran memang tidak dijelaskan tentang adanya black hole ataupun dinosaurus… Tapi,di al-Quran dijelaskan,adanya sang Ghaib.. Kita harus belajar.. Tapi,untuk hal ghaib,kita tak pernah bisa memecahkan masalah dengan praktek langsung bos.. Hanya sebatas hipotesis saja.. Dan cukup sampai disitu saja. Kita kembalikan lagi ke kepercayaan kita pada sang ghoib Allah SWT. Dan pada akhirnya nanti,sang peneliti,yakin..bahwa ada hanya 1 saja tuhan di alam ini. Tidak ada anak dan bapak tuhan..

  233. Ih……. ngeri Banget ya

  234. Allah_lah yang maha tahu “”dan luar biasa sekali!!!”

  235. Jonie Said:

    Mungkin ajah ini menghubungkan antara bumi dan akhirat

    • menurut saya

      lubamg hitam itu merupakan jembatan penghubung antar demensi yang menghubungkan antara dimensi ini dan dimensi selanjutnya

      mungkin juga itu cuma lubang yang ada hubungannya dengan misteri terbaru yaitu lubang putih

      kalau menurut situs yang saya baca

      lubang putih adalah lubang yang sifatnya kebalikan dari lubang hitam
      yaitu mengeluarkan material material angkasa luar yang entah dari mana asalnya

      atau juga itu merupakan sebuah ruangngan yang lebih hampa dari pada luar angkasa ini
      karena disana udaranya kosong samasekali jadi seluruh materil yang ada di angkasa luar sekarang ini bukan terhisap melainkan hanya mennempati ruang dimensi yang kosong itu dan mengisinya

      ibarat bola yang kosong yang di letakan di dalam air dan ketika di lubangi atau berlubang maka air tersebut menempati ruangan bola yang kosong

      SEKIAN TERIMAKASIH*
      maha besar allah yang mampu menciptakan lubang hitam tersebut

  236. nurwan Said:

    Itu memang sudah skenarionya sang pencipta,kita tidak bisa berbuat sesuatu tuk menghadapi alam ini…sekarang mending loe tidak membuat keruksakan dibumi ini alias loe pada jangan ribut aj brizikk damaii bro..anak bdg

  237. aora valintin Said:

    tddddddddax lah ywwwwwwwww

  238. Tania Said:

    700 jt thn cahaya,,SubnaAllah,,,,,,

    • cep Roni Said:

      jangan gampang percaya kata orang…!!!
      itu cuma pendapat, belum tentu faktual…

  239. jamaal Said:

    apakh kita bisa msk ke lubang hitam dgn keadaan hidup & jk kta msk ke lubang htam kta akn ke mna??????///

  240. jamaal Said:

    plase bls ea……..

  241. tian putri Said:

    Thank you for all explaination, …
    I get more knowledge now…
    thank’s a lot

  242. Miko Satria Said:

    wah apa sih sbenarnya isi lubang hitam itu, apa bintang yang sudah diremas-remas hingga jadi kecil

  243. Lobang item ntu nikmat kaya lobang memek bikin orang g sadar diri

  244. didi Said:

    black hole itu ada
    dan memang ada

    kan alam semesta ini luas
    jdi gx menutup kemungkinan akan adanya lubang itu

    hembbttt……..

  245. hhhmm

  246. cep Roni Said:

    kenapa sih namanya ‘Lubang Cacing’??
    padahal ganti z jadi ‘Lubang Buaya’…….

  247. dennie Said:

    Apakah ada kehidupan setelah masuk ke dalam lubang hitam tersebut gaa ada yang tau ?????????

    • cindy Said:

      ya mana ada dasar ada2 aja

  248. Imam samudra Said:

    Menurut para ilmuwan lubang hitam adalah pintu keluar dari alam semesta kita … itu berati pintu masuk alam akhirat dan itu bisa terjadi kalau hari kiamat tiba

  249. cindy Said:

    menurut saya yang hilang terhisap oleh lubang hitam itu mulanya akan hancur dan akan di keluarkan menjadi bagian dari lubang hitam itu.maka itu sering terlihat cahaya2 kecil yang terlihat berkumpul menjadi satu.kemungkinan itu adalah bagian2binta ng atau benda yg masuk ke lubang hitam

  250. dedihidayat Said:

    kemanakah, ,benda2 nyang telah d sedot itu?

  251. audi pratiwi Said:

    wh,mmg msih mistr bget tu si lubang hitam!!klw gw msk k sna mungkn gw tembs k dunia lain!!!

  252. zarida jennifer Said:

    black hole is life. xixixi…

  253. konon lubang hitam tu adalah dimana qt mnuju akhir khidupan

  254. wiiihh menakjubkan…..

  255. mungkin itu adalah sidratul muntaha….

    • Dan Sesungguhnya Muhammad Telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (yaitu) di Sidrotil Muntaha. Di dekatnya ada syurga tempat tinggal . . .
      (QS. An Najm / 53:13-15)

  256. iya itu bnr banget qw setuju banget :)

  257. jadi mau liat black hole, bisa ngak jalan” ke lubang hitam pake pesawat and berapa biaya tiketnya??? hahaha sntai aja bro . .

  258. Rachel sumampouw Said:

    itu semua ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa

  259. hendra cipta Said:

    yo rame”ke black hol ,,,pake pesawat siluman,,,,,,,,,,,,,,,ha!!!!!!!!!!

  260. Adit.agil Said:

    Aaahhh …
    Besok gue mau k lubang hitam….:D

  261. Asep Gobank Said:

    Tidak semua hal yang ada di dunia ini bisa dijelaskan dengan pengetahuan manusia
    Gk usah jauh2 deh, knp coba nyaris semua orang kalo makan makanan yg pahit pasti gk suka?
    Padahal kan bisa aja kalo di biasakan dari orok bisa suka XD~

    Intinya mnurut saya begitu, gk smua hal bisa di jelaskan dengan logika

  262. Yoga Rhapsodos Said:

    jangan harap mau masuk kedalam Black Hole.. bintang saja bisa hancur terkikis karena gravitasi nya, terus apa harapan kalian kalo manusia yg masuk?? mungkin lebih baik berharap masuk mediasi yg lebih ringan.. yaitu mesin waktu. mesin waktu juga memakai sistem lubang hitam hanya saja lebih kecil sehingga tidak begitu merusak.

    bagi yg bilang black hole ga di ungkit di quran..:
    Al Quran menyebutkan banyak
    fenomena alam raya dan benda-
    benda luar angkasa, bintang, planet,
    nama bintang, galaksi dan lain-lain.
    Sebelum mengklaim adanya
    fenomena black hole dalam Al-Quran,
    mari kita perhatikan ayat yang paling
    dekat untuk dikaji. Yakni di surat At-
    Takwir ayat 15-16.

    “Aku bersumpah demi bintang
    tersembunyi. Yang bergerak cepat
    yang menyapu,”

    nah tuh ada jawabannya.. karena ga mungkin kan di quran terang terangan bilang tentang black hole.. sementara istilah black hole sendiri di temukan jauh sesudah quran turun dari langit. jadi harus lebih teliti dan lebih menghayati lagi baca quran nya..

  263. dwi prast Said:

    lubang hitam tu maksudnya,lubang yang ditutupi bulu warna hitam….jelassss

  264. wekewerr Said:

    Mungkin klo dah masuk lubang hitam , yg slamat cuma arwah nxa ja yah… ;-(

  265. Nurul Said:

    semoga para ilmuan yg hidup sampai skrng bisa menemukan lubang cacing itu sehingga kita bisa bepergian dengan lebih cepat….
    allah sunggu maha kuasa di atas segalanya

  266. adhy wiranto Said:

    mungkin ada di jelasin di Al Qur’an. “bahwa di luar angkasa ada kehidupan lain selain manusia”

  267. yang pasti kitta wajib memprteball keimanan qtta !!

  268. ehh gan, appa sihh yang dimaksud “BLACK HOLLE ittu” ???! yang jawabb 4 jemppoll ddeh … hehehehe

  269. noor shafiqah Said:

    masyaalllah…..dasyatnya…..inilah kuasa allah….

  270. sang pangeran Said:

    tidak ada ciptan Allah yng tdk brmanfaat bgi mnusia di dunia ini. jika ingin tahu lubang hitam itu apa maka mari kita belajar……

  271. kenapa black hole itu dapat menarik benda” yahhh????? apakah itu jalur untuk datang ke galaksi lain yahhhhh???? mungkinkah para alien lewat jalur black hole????? dan tidak mungkin juga alien datang ke bumi dari galaksi lain yg jaraknya rata” lebih dari 20.000.000 tahun cahaya kan??????

  272. nunu Said:

    wallahu a’lam bisshowaab..ga semua hal itu bisa djelaskan secara gamblang kalo smua bsa djelaskan ya ga ada lagi dong rahasia illahi…otak manusia kan ada batasnya….

  273. rudy Said:

    tak akn pernah terpecah kn oleh manusia biasa black hole….
    Rahasia..ILAHI

  274. kanggol Said:

    haha… alien yang diceritakan itu. adalah jin dimana mereka mengendarai pesawat mereka sendiri.. gak ada hubungannya ama black hole… surga dunia i the black hole…

  275. mungkin ada ultraman sama alien ???
    apa ya isi lubang hitam

  276. daniel Said:

    فَلا أُقْسِمُ بِالْخُنَّسِ ، الْجَوَارِ الْكُنَّسِ
    (Sungguh! Aku Bersumpah Dengan Bintang-Bintang, Yang Beredar dan TERBENAM) surah (at-Takwir) ayat ke-16

  277. Rudyta Ningsih Said:

    hem……. bener gak sih ada alat sedot di angkasa luar???
    trus benda kayak gituan gunanya apa hayo??

  278. gue Said:

    i like it

  279. alif Said:

    wiidiiihhhh……seremmm…

  280. Muhamad.Ridho Said:

    Apa fungsi lubang galaxy?

  281. Black Hole ternyata udah ada dalam alqur’an
    dalan surat at-takwir ayat 15-16 :
    yang artinya:
    “Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu,”

    ane dapat sumbernya dari sini..

    http://adf.ly/M0cC5

  282. When some one searches for his required thing, thus
    he/she wishes to be available that in detail, so that
    thing is maintained over here.

  283. ken'thon Said:

    aku pengen jadi astronom biar bisa liat lubang hitan
    kayaknya bagus juga

  284. One thing I want to discuss is that fat burning plan fast may be possible by the proper diet and exercise.
    Your size not only affects the look, but also the complete quality of
    life. Self-esteem, major depression, health risks, and also physical abilities
    are affected in fat gain. It is possible to do everything right and still
    gain. In such a circumstance, a medical problem may be the perpetrator.
    While an excessive amount food and never enough workout are usually to blame, common
    medical conditions and key prescriptions might greatly add to
    size. I am grateful for your post in this article.

  285. Hardi Said:

    artikel menarik dan menggugah akal, dipelajaran fisika sma tertulis lubang hitam praktis mirip kaleng biskuit yang bolong sebesar paku dan energi ataupun cahaya terserap ke dalamnya,sehingga yang tampak hanya titik hitam. ini terjadi karena mata tidak menerima cahaya pantulan dari lubang tadi.

    • ridwan Said:

      sama seperti mesin waktunya doraemon dong… kwkwkwkwk…

  286. dimaz Said:

    Harus beli buroq kalo mau kesana. Makanya cepet nabung,mulai dr sekarang. Ngimpi mau ke black hole, mau dpet oksigen dari mana?

  287. mikael Said:

    iiih ngeri kalo bumi masuk kelubang hitam semua orang mati dong gawat

  288. Henohk Said:

    Sungguh Agung dan Mulia Sang Khalik Pencipta. Sepandai – pandainya manusia mencari tau tentang keaadan luar angkasa, tidak akan pernah dapat memahami karya Agung Khalik Pencipta yang tiada terbatas. Manusia yang terbatas hanya perlu keyakinan bahwa sistem Tata Surya sudah di atur sedemikian rupa oleh Dia (Tuhan) yang mencipta. Kita pasti bisa mengetahui segalanya, bila kita sudah bersama-sama dengan Khalik Sang Pencipta di dalam Surga. Hanya dengan beriman menurut dan mengikuti petujukNya, maka kita akan bertemu denganNya dalam Surga. Wassalam.

  289. Rifki Smoken Said:

    kaya apa sih yah masuk kesana…..

  290. Afry Said:

    lubang hitam katanya bisa menyedot atau menghisap apa saja yang ada disekitarnya, seperti bintang dan cahaya.
    trus bagaimana jika bumi ada didekat atau sekitar lubang hitam tersebut.!!
    apakah mungkin bumi kita ini akan tersedot juga.!!
    mohon pencerahannya..
    terima kasih..

  291. orangPinter Said:

    wahhhh mantep tu lubang hitam bisa melengkungkan ruang dan waktu.

    sudah pasti dan sangat yakin lubang hitam bisa ngacak ngacak waktu kalo di lihat dari teori di atas..

    mungkin lebih cocok kalo disimpulkan sebagai lorong waktu.

    AYO UNGKAP LAGI MISTERI LAIN DI LUAR ANGKASA..!!
    KARENA ILMU ITU TIDAK TERNILAI HARGANYA

  292. Andy Time Traveller Said:

    INI JAWABANNYA gw adalah seorang time traveller dari tahun 2556 yg kembali kemasa ini melalui black hole…. yg ada didalam black hole itu adalah dimensi maya dengan dengan lubang spiral dan tekanan kosmik yang cukup dalam jika dimasuki benda padat tak bernyawa seperti planet akan terjadi 2 kemungkinan hancur/terkirim ke dimensi lain dan jika dimasuki oleh sesuatu yg bernyawa seperti manusia contohnya akan terkirim kedimensi lain perputaran disana sangat cepat sehingga tak mungkin rasanya melihat2 diskeliling dan ada semacam gumpalan2 hitam di sana yg berbentuk manusia raksasa yg saling menyambunkan terowongan yg satu dengan terowongan yg lain itulah sepintas yg saya lihat ……

  293. jamil Said:

    mntp X

  294. indah Said:

    serem banget ihh klo bumi msk ke dlm black hole ……
    Artike yg menarik dan memberikan bnyk ilmu

  295. rizki Said:

    wew

  296. samkhan Said:

    Siapa bilang di alqur’an g ada???
    Al Quran menyebutkan banyak fenomena alam raya dan
    benda-benda luar angkasa, bintang, planet, nama
    bintang, galaksi dan lain-lain. Sebelum mengklaim adanya
    fenomena black hole dalam Al-Quran, mari kita perhatikan
    ayat yang paling dekat untuk dikaji. Yakni di surat At-
    Takwir ayat 15-16.
    “Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang
    bergerak cepat yang menyapu.”
    Dalam ayat ini Allah bersumpah dengan salah satu
    makhluk-Nya yakni bintang yang bernama atau memiliki
    tiga karakter. Pertama, khunnas ( ﺍﻟﺨﻨﺲ); yang
    tersembunyi dan tidak terlihat. Karenanya, setan
    disebut juga khannaas ( ﺍﻟﺨﻨﺎﺱ) karena ia tidak terlihat
    oleh bani Adam. Ini persis yang disebutkan ilmuawan
    tentang karakter black hole yakni; invisible.
    Kedua, aljawaar ( ﺍﻟﺠﻮﺍﺭ) bergerak cepat dan sangat
    cepat. Ini karakter black hole kedua moves. Lafadl Al
    Quran tajri lebih perfect dibanding penjelasan ilmuan
    sebab kata ia bermakna bergerak cepat atau lari.
    Sementaramoves tidak menggambarkan bergerak dengan
    cepat. Ketiga, al kunnas ( ﺍﻟﻜﻨﺲ) yang menyapu dan
    menelan setiap yang ditemuinya. Ini karakter black
    hole vacuum cleaner.
    Kunnas berasal dari kanasa artinya
    menyapu, miknasah alat untuk menyapu. Kunnas bentuk
    jamak dari kaanis yang menyapu. Kunnas adalah shigat
    muntaha jumuk (bentuk jamak paling tinggi) dari bentuk
    tunggal kaanis.
    Para ulama tafsir klasik menjelaskan makna khunnas al
    jawaril kunnas adalah bintang yang cahayanya tidak
    muncul di siang hari dan muncul di malam hari. Namun ini
    hanya penafsiran bukan makna sesungguhnya.
    Penafsiran paling sesuai dengan realitas alam raya
    adalah black holes.
    Barangkali hal ini juga yang diisyaratkan oleh Al-Quran,
    “Apabila matahari digulung,” (QS. At Takwir: 1).
    Wallahu a’lam…

  297. Amas Rahmat Said:

    hanya ALLOH SWT. yang tau……..

  298. Nana ita Said:

    Sbagian bsar teori yg d kemukakan pra ahli, dpt d trima dgn akal shat krna telah melewati bnyak langkah pembuktian walaupun blm d ketahui pasti kbenaranya,. Ini mrupakn rhasia Tuhan,. Yaah, D alam ne mmg bnyak skali misteri yg blm dpt terpechkan akibat keterbatasan kemampuan mc.. Kita tdk dpt menerka nasib bumi ini kdpannya,. dlm kitab suci umat katolit ada ayat yg menyatakan bhwa angkasa dan sgala isinya adlh ciptaan Tuhan yg mha kuasa n sewaktu2 akn d renggut kembali jika tdk dpat lg menampung sgala prbuatn dosa mc dan akn d perbaharui oleh Tuhan sndiri..

  299. Latifah Said:

    Eh kaga perlu ke luar angkasa kita jg pny lubang hitam tuh, kl ga salah kita pny 2…..!

    kl yg 2 ada deket mulut di bawah mata noh ada 2 lubang hitam yg menyedot apa saja di udara
    hahaha …. ;>

  300. ade Said:

    lubang kenikmatan….

  301. Rizki sindi Said:

    jd pengen kesedot sama LUBANG HITAM…. hahay :-P

  302. Melyy... Said:

    apakah lubang hitam (black hole) sama dengan lubang waktu…?

  303. iyan Said:

    semua itu udah di jelaskan dalam alquran bahwa kehidupan haqnya ada pada bumi saja dan lubang hitam saya yakin tidak ada kehidupannya

  304. sokkia Said:

    kira kira di lobang hitam ada polisi nda yah ?
    aku takut di tilang brot soalnya aku nda pake helm
    hahahaha

  305. dini amalina Said:

    mungkin kita harus bawa kamera cctv dan senter bersama seorang relawan didalamnya biar kita tau apa yang sebenarnya terjadi di dalam sanaa

  306. lia kurniasih Said:

    sumpah,serem bener! harus banyak banyak berdoa…

  307. Diyo Santos Said:

    wiiihhhh ngeri banget yg nama nye planet black hole tu yeee????

  308. Diyo Santos Said:

    wiiihhh ngeri banget yg nama nye black hole tu yee???


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arimbi Bimoseno

Author | Editor

Semua Info

semua informasi dunia maya ada disini, download program, skripsi, jurnal

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: