Jelajahi Dunia dengan Google Earth


Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersia

Google yang terkenal dengan search engine-nya, baru saja memperkenalkan aplikasi terbarunya, Google Earth. Melalui aplikasi ini, kita bisa menjelajah hampir seluruh bagian bumi kita. Dari kampus Google sendiri, hingga kota-kota seluruh dunia (termasuk pula Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain di Indonesia). Tinggal memasukkan nama lokasi atau mengisi posisi derajat lintang dan bujur, sampailah kita ke lokasi yang diinginkan.

Google Earth

Namun kita baru bisa menikmati aplikasi ini dengan nyaman kalau kita terhubung dengan jaringan internet broadband. Buat kita di Indonesia yang terbatas bandwidth-nya, terpaksa harus sedikit bersabar saat aplikasi ini melakukan streaming gambar dari satelit.

Di US sendiri, beberapa perusahaan mulai memanfaatkan aplikasi Google Earth untuk mempromosikan produknya. Antara lain, kita bisa melihat tanda tempat makan dan penginapan saat kita menjelajahi California, misalnya. Adidas Australia bahkan meluncurkan sebuah advergame seputar pengetahuan sepak bola dunia yang membutuhkan aplikasi Google Earth untuk memainkannya.

Adidas Soccer

Setelah banyak yang mengetahui manfaat ini, banyak orang di US yang lalu mengakali atap hunian mereka. Atap itu dicat dengan brand tertentu, dan seketika jadilah iklan ruang luar yang hanya bisa dilihat melalui aplikasi Google Earth. Tidak tahu bagaimana reaksi Google tentang hal ini.

Lalu, apa manfaatnya untuk para perusahaan di Indonesia? Salah satunya adalah promosi global perusahaan. Sebuah restoran atau toko yang memiliki banyak franchise, bisa menunjukkan ke pelanggannya posisi persis setiap cabangnya. Pelanggan tinggal memilih yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Keterangan lengkap tentang restoran atau toko itu bisa langsung tertera di lokasi bersangkutan. Bila perlu, setiap posisi ini bisa ditautkan langsung dengan website restoran atau toko, dimana pelanggan bisa memesan makanan atau produk secara online.

Peluang lainnya pasti masih banyak. Tentunya Google akan terus mengembangkan aplikasi ini sampai hal-hal yang mungkin belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Mau Download?

Sumber : Google

2 Komentar »

  1. arie Said:

    cukup cangieh apa lg bisa jelajahi dunia cozzzz nyok doenload

  2. masruri Said:

    salam.
    saya tertarik untuk memperkenalkan usaha saya melalui google earth. Tapi kesulitan mengisi teks pada lokasi daerah saya di perbatasan Pati – Jepara.
    apakah anda mampu membantu saya? Jika berkenan, silakan kontak saya di 081 325 260 123 – MASRURI


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semua Info

semua informasi dunia maya ada disini, download program, skripsi, jurnal

%d blogger menyukai ini: