Teknik Relaksasi Melalui Menulis


Relaksasi merupakan teknik yang dapat digunakan semua orang untuk menciptakan perasaan tenang dalam batin dan diri seseorang untuk membentuk pribadi yang baik, dan relaksasi merupakan bentuk terapi perilaku untuk mengendurkan teganggan, pertama-tama jasmaniah, yang pada akhirnya mengakibatkan mengendurnya keteganggan jiwa.

Secara umum relaksasi dilakukan dengan secara fisik seperti mengatur aktivitas pernafasan atau bersifat otot, namun relaksasi dapat dilakukan dengan cara menulis, hubungan antara teknik relaksasi dengan menulis dapat dilakukan karena relaksasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kesadaran indera.

Secara teori teknik ini menggunakan pertanyaan untuk dijawab oleh individu untuk tidak dijawab secara lisan, teknik ini dapat dikaitkan dengan kegiatan menulis yang membutuhkan pikiran dan ide yang ada didalam otak masing-masing individu. Berdasarkan pengalaman pribadi teknik relaksasi melalui menulis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Berburu Pertanyaan

Pertanyaan yang dicari bukan suatu pertanyaan yang berkaitan dengan emosi atau perasaan yang sedang dirasakan, tetapi sebuah pertanyaan yang berbeda dari permasalahan atau emosi individu, seperti pertanyaan yang tertera di dalam buku yang terbentang luas (alam), menganalisa sebuah berita atau pertanyaan yang didapat dari hasil suatu diskusi. Pertanyaan yang muncul segera dipilah untuk segera dicari sebuah jawabannya, pilihlah pertanyaan yang memiliki sebuah jawaban yang dapat membantu dalam pembangunan jiwa.

2. Memutuskan Jawaban

Jawaban dari pertanyaan yang muncul hendaknya berasal dari suatu analisa, analisa dilakukan setelah mencari referensi yang mendukung dan menentang suatu jawaban dari pertanyaan yang dibuat. Mencari referensi dengan membaca sebuah buku atau tulisan yang diposting di internet, sehingga terbentuk sebuah jawaban yang dapat dipertahankan dan diyakini akan kebenarannya di dalam hati.

3. Mengikutkan Emosi

Aktualisasikan emosi positif dalam membuat tulisan, menulis dengan penuh perasaan positif terhadap analisa dari pertanyaan dan jawaban yang telah ada. Emosi positif adalah akar dari pikiran positif yang akan membuat sebuah perasaan senang dan membangkitkan perasaan cinta dan kasih sayang terhadap sesama, sehingga dapat membuang perasaan sedih, takut serta cemas dan dapat membangkitkan perasaan tenang dalam batin.

4. Segera Berdoa

Sebuah doa merupakan sebuah wujud syukur kita terhadap Tuhan yang telah memberikan kekuatan kepada akal untuk terus berpikir dan karena berhasil memanfaatkan akal untuk kegiatan positif seperti menulis, selain itu doa dapat mengingatkan akan kelemahan kita sebagai manusia yang terus di hinggapi perasaan yang kadangkala negatif.

Itulah tips merelaksasi diri melalui melalui sebuah kegiatan menulis yang pernah saya lakukan, sehingga dapat mengurangi keresahan, kecemasan dan ketakutan yang saya alami dengan tujuan untuk mengatur emosi agar tetap stabil melalui sebuah tulisan, walau kadang tulisan saya kurang berbobot namun dengan membuat sebuah tulisan adalah teknik tersendiri untuk merelaksasikan diri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semua Info

semua informasi dunia maya ada disini, download program, skripsi, jurnal

%d blogger menyukai ini: