Kebahagiaan Hanya Nyata Ketika Berbagi


Menjelang detik-detik kematiannya, Christopher Johnson McCandless menulis sebuah kalimat “Happiness only real when shared” di dalam sebuah bus ajaib yang ia temukan di Alaska Padang Gurun dalam sebuah liburan abadi yang sangat bermakna.

Chris seorang pemuda idealis, anti kemapanan yang memiliki cara pandang sendiri atas dunianya, ia menukar kemapanannya dalam perjalanan yang penuh lika liku dan panjang di alam liar untuk mencari kebahagiaan, selama 2 tahun.

Diakhir perjalanan dan kesendiriannya di Alaska, Chris mengalami pencerahan yang kemudian mengubah cara pandang terhadap dunianya, saat resah dan jenuh dengan kesendiran dan ingin kembali hidup normal, namun sayang keinginannya tidak pernah terwujud sampai ia meninggal keracunan saat memakan tanaman Hedysarum Mackenzii yang racunnya dapat menyebabkan kematian.

Kebahagiaan, sebuah kata yang di dambakan setiap orang di dunia ini, beragam cara dan upaya serta beragam sudut pandang orang memaknainya. Setiap orang akan mencari kebahagiaannya dengan sudut pandangnya sendiri, namun disaat kebahagiaan sudah dianggap tidak membahagiakan, ternyata kebahagiaan yang ditemukan hanyalah semu dan sesaat.

Kebahagiaan abadi adalah saat kita mampu berbagi kebahagiaan dengan orang lain, seperti membagi sebuah cerita melalui sebuah tulisan dan yang tak sangat penting, tidak lupa bersyukur atas kehidupan yang telah dijalankan.

Ada sebuah dongeng lama, dimana seorang yang kaya harta ingin merasakan makanan yang sangat nikmat, ia iri dengan orang miskin, karena setiap makanan yang disantap selalu habis dan sangat dinikmati oleh orang miskin yang ia lihat walaupun makanan yang dimakan hanya makanan sederhana.

Segala makanan telah ia coba makan, makanan terenak dari negeri tetangga telah ia pesan, namun ia belum juga menikmatinya, makanan yang ia makan selalu meninggalkan sisa. Pencarian makanan ternikmatpun terus ia lakukan, hingga hartanya habis terjual dan ia menjadi orang yang miskin.

Saat ia telah menjadi orang miskin, dia tidak mampu lagi membeli makanan, dengan kondisi kelaparan ia mencoba meminta makanan kepada orang miskin yang dia iri sebelumnya, saat ia menyantap makan tersebut, ia merasakan nikmat sekali seperti yang ia cari selama ini, akhirnya dia mengetahui bahwa makanan apapun sangat nikmat bila disantap saat lapar.

Dari ceritera diatas dapat kita ambil hikmahnya, bahwa dalam menyelami kehidupan yang harus perlu kita perhatikan adalah saling berbagi dengan sesama, saling memaafkan dan saling mencintai antar sesama manusia kemudian kita bersyukur dengan apa yang dimiliki. sehingga kita dapat merasakan cahaya Tuhan yang terus menyinari kita.

Tulisan ini sudah saya muat di kompasiana dengan link sbb:

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/07/29/kebahagiaan-hanya-nyata-ketika-berbagi–577463.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Semua Info

semua informasi dunia maya ada disini, download program, skripsi, jurnal

%d blogger menyukai ini: